Mengganti Domain sangat diperlukan untuk menunjukkan profesionalisme seseorang dalam membangun website atau blog dengan konten yang didalami. Namun saya pribadi mengalami kendala saat mengubah domain custom saya dari yang .online sampai sekarang sudah .com . Membutuhkan waktu 2 jam bagi saya untuk memecahkan masalah yang diakibatkan hal kecil seperti hal yang saya alami. Saya membeli domain di salah satu layanan  penyedia Domain NiagaHoster. Berikut adalah tutorial mengganti Domain custom dengan Domain Custom di Blogger : 

1. Buka Setelan / Setting akun Blogger 

Kemudian scroll ke bawah dan klik bagian "Custom Domain" di bagian/widget mempublikasikan / Publishing . 


 Gambar 1.1

2. Klik Custom Domain dan masukkan Domain Anda

Dan beberapa saat kemudian, pihak blogger akan memberikan Name dan destination yang harus kita input di dalam DNS (Domain Name Server). Jangan Khawwatir jika keluar tulisan merah seperti dibawah ini : 

Gambar 2.1

 3. Buka Akun Niagahoster ke bagian Layanan anda kemudian klik domain

Klik kelola domain kemudian, Dibagian domain pilih menu "DNS management". Jika domain pernah digunakan pastikan bahwa RECORD dan CNAME  dikosongkan terlebih dahulu agar tidak mengganggu runtutan recordnya. 


 

Gambar 3.1

Gambar 3.2

 

4. Klik Tombol Blogspot  Dalam Menu DNS Management. 

Masukkkan tab Domain dengan name yang tertera di  CNAME pemberitahuan blogger. dan masukkan Tab Value dengan Destination yang tertera di CNAME pemberitahuan Blogger. Contoh Name dan Destination  Seperti yang di block dibawah ini : 

 

Gambar 4.1 

 

         
Gambar 4.2
 
 
 

 Gambar 3.3 (Masukkan Name dan Destination)
 
 
Gambar 3.4 (Maka System akan Updated)
 
                                             

4. (Khusus Untuk Yang Kendala) Pastikan CNAME yang diinput ada 2

Jika record dan Cname nya sudah muncul, Pastikan CNAME yang tertera ada 2.Kasus saya yang baru terjadi kemarin,saya memmasukkan cara diatas dengan tepat namun (saya tetap failed  untuk mengubah domainnya),hal tersebut dikarenakan CNAME YANG TERDAFTAR HANYA 1, Maka dari itu jika kasus ini juga terjadi dengan kalian Saya sarankan untuk menambahkan CNAME nya lagi. Karena biasanya yang terdaftar adalah CNAME dengan name : www dan Value : ghs.google.com, maka anda perlu untuk menambah CNAME ke 2 dengan name dan Value seperti yang tertera di Gambar 4.1 dan 4.2. Berikut adalah dokumentasi saya yang mengalami kendala dan kemudian diberitahukan oleh pihak Niagahosternya. 

Gambar 5.1 (Pemberitahuan dari NiagaHoster)



 Gambar 5.2 (  Cname yang terdaftar Hanya 1) 

 

 


Gambar 5.3 (Add Record dan masukkan Subdomain dan Host Name seperti diatas)


 Gambar 5.4 (maka CNAME ke 2 akan muncul) 

 


 Gambar 5.5 ( Kembali ke akun Blogger dan save maka settings akan update)
 
 

Baik itu adalah tutorial untuk mengubah domain custom dengan domain custom lainnya di Blogger dengan provider domainnya NiagaHoster. Jika dengan cara diatas masih tidak bisa, maka pastikan bahwa Record dan Cname anda sudah kosong sebelum anda mengikuti cara diatas.Hubungi kami ke bagian sosial media yang tertera jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Admin : Beloved Jambii 


Baca Juga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama