Hallo Raviperience

Pernahkah kamu membayangkan, seperti apa jadinya kehidupan di bumi ini jika tidak ada listrik?. Kehidupan sehari-hari yang ditopang tenaga listrik tentu mempengaruhi gaya hidup kita,seperti menggunakan peralatan listrik dirumah dan menggunakan handphone. Tahukah kamu bahwa ilmuwan mempelajari ilmu kelistrikan dari dari kilat yang mematikan!, bahkan mereka harus bereksperimen dalam laboratorium tertutup dengan resiko meregang nyawa yang besar.

 

1. Mematikan? Bagaimana bisa ? 

Tahukah kamu bahwa tubuh kita dapat memberikan respon sengatan listrik pada saat daya listrik lebih dari 5 mA (Darmana 2018). Ketika tubuh kita menerima daya listrik yang relatif kecil biasanya tubuh kita akan mengalami kesemutan. Jika daya listrik sebesar 500 mA menyentuh tubuh kita yang 70% terdapat kandungan air (Darmana 2018). Hal ini dapat menyebabkan kematian, karena listrrik dapat menyebabkan fibrilasi ventrikel pada jantung manusia (Darmana 2018) .

2. Mempunyai Kekuatan yang Dashyat  

Sambaran petir merupakan percikan besar dari listrik, dalam menelusuri kebenarannya, ilmuwan bernama Benjamin Franklin melakukan sebuah eksperimen mematikan dengan menerbangkan layangan saat hujan badai petir dengan meletakkan logam pada layangannya yang menarik sebuah percikan kilat yang menjatuhkan benang layangan dan daya listrik tersebut berhasil disimpan di dalam botol layden (alat untuk menyimpan listrik pertama).

 Benjamin Franklin saat melakukan eksperimen

Source : http://www.petirku.com

Tahukah kamu bahwa sambaran petir mengandung cukup energi listrik untuk memanggang 160.000 roti, namun kekuatan tersebut hanya bertahan selama 1/10.000 detik (Townsend 2014). Eenergi listrik memiliki kekuatan yang dashyat untuk diekspoitasi dan dimanfaatkan menjadi sumber inovasi selanjutnya. 

 3. Mengendalikan Listrik

Ilmuwan asal inggris bernama Michael Faraday (1791-1867) melakukan percobaan untuk melindungi manusia dari listrik. Setelah ia mengetahui bahwa aliran listrik dapat menyebabkan medan magnet yang menghasilkan energi listrik. Dia membuktikannya dengan membuat kandang berbahan logam dan terbukti bahwa manusia bisa terlindung dari listrik dengan berada di dalamnya. Hal ini dikarenakan batang logam dapat menyerap listrik, sehingga orang yang berada di dalamnya akan tetap aman. 

 Kandang Faraday

Source :https://kumparan.com

 4. Penyebab kecelakaan listrik di Era sekarang

Kecelakaan listrik pada era sekarang ini semakin sering terjadi, hal ini dikarenakan oleh human error atau disfungsi peralatan elektronik. Berikut adalah beberapa penyebab kecelakaan listrik yang biasanya terjadi menurut Darwawan (2018) (semoga kita selalu dilindungi dari kecelakaan seperti itu aamiin). 

 1. Kabel atau hantaran pada instalasi listrik terbuka dan apabila tersentuh akan menimbulkan bahaya kejut. 

2. Jaringan dengan hantaran telanjang 

3. Peralatan listrik yang rusak 

4. Kebocoran lsitrik pada peralatan listrik dengan rangka dari logam, apabila terjadi kebocoran arus dapat menimbulkan tegangan pada rangka atau body 

5. Peralatan atau hubungan listrik yang dibiarkan terbuka 

6. Penggantian kawat sekring yang tidak sesuai dengan kapasitasnya sehingga dapat menimbulkan bahaya kebakaran

 7. Penyambungan peralatan listrik pada kotak kontak (stop kontak) dengan kontak tusuk lebih dari satu (bertumpuk). 

 

Apakah kamu siap untuk menjadi the next agent of change untuk merubah persepsi ini ? Apakah di masa depan akan ada inovasi pemanfaatan listrik dengan meninggalkan kata "mematikan" ? Apa yang para ilmuwan lakukan untuk mencapai pemahaman ilmu kelistrikan saat ini? Simak selanjutnya di eps 4 ! 

 

DAFTAR PUSTAKA  

Terang Vol. 1, No. 1, Desember 2018 e-ISSN : 2655-5948 DOI : https://doi.org/10.33322/terang.v1i1.138

Townsend J. Fakta Penemuan Aneh. Fisika Bodoh. Sakinah B, penerjemah. Jakarta.

Baca Juga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama